Sekretaris Jurusan lingkup FDK ikuti FGD Menggali Potensi Daerah Pengabdian

  • 18 Desember 2023
  • 11:42 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sekretaris Jurusan dalam lingkup Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar berkenan mengikuti Focus Group Discussion yang diadakan Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Alauddin Makassar. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari (Senin – Selasa, 18 – 19 Desember 2023) di salah satu hotel terkemuka di Kota Makassar.

Sebelumnya, Kepada Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. H.M. Saleh Ridwan, M.Ag., menjelaskan  tujuan kegiatan ini adalah untuk menggali potensi daerah pengabdian yang akan diimplementasikan oleh lembaga yang dipimpinnya. Di antaranya adalah merumuskan program kerja yang akan dilaksanakan pada desa binaan berbasis program studi.

Saat berita ini diturunkan, sedang berlangsung pemaparan materi yang dibawakan oleh Dr. H. Irham Djalil, M.Pd., mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Barru. Beliau merupakan alumni IAIN Alauddin Makassar tahun 1980an.

Dalam pemaparannya tentang potensi daerah Barru, mengatakan bahwa daerahnya memiliki potensi kopi dan pariwisata. Terdapat daerah yang berada di ketinggi sehingga dapat melihat awan di atas angin.

Beliau mendukung rencana UIN membentuk desa binaan berbasis program studi. Bahkan dikatakan tidak hanya berada di desa. Namun bisa pula di tingkat kelurahan. Sebab meskipun setingkat kelurahan, masih ada dusun yang perlu mendapat binaan.

Dijelaskan bahwa dulu,  tak jarang ada masyarakat yang tidak salat jumat karena ketiadaan khatib. Namun sekarang sudah diantisipasi oleh Bidang Kesra Pemkab Barru. Dalam konteks ini antara lain diperlukan kehadirian UIN untuk memberi pencerahan kepada masyarakat setempat (hfs).