MAHASISWI UIN ALAUDDIN MAKASSAR JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH MENJADI PERWAKILAN MENGIKUTI PEMBUKAAN KKN MODERASI BERAGAMA IV SE-INDONESIA DI KABUPATEN KUNINGAN, JAWA BARAT.

  • 29 Juli 2024
  • 09:08 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pada hari Selasa 16 Juli 2024, Mahasiswa/i perwakilan tiap kampus mengikuti pembukaan Kuliah Kerja Nyata Nusantara Moderasi Beragama lV Se-Indonesia yang dilaksanakan di Kantor Bupati Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pembukaan ini diikuti oleh beberapa perwakilan 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Se-Indonesia sebagai peserta KKN Moderasi Beragama pada tahun ini. Dan juga beberapa Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dan Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat tiap kampus turut hadir meramaikan acara pembukaan tersebut sekaligus mendampingi mahasiswa masing-masing.

UIN Alauddin Makassar turut serta dalam kegiatan ini dengan mengirim 5 Delegasi. Dalam pembukaan KKN Moderasi Beragama, Qalby Khaerunnisa Mahasiswi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi ditunjuk sebagai perwakilan UIN Alauddin Makassar untuk mengikuti pembukaan KKN Moderasi Beragama yang didampingi langsung oleh Bapak Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat yakni Bapak Dr. H. Muh. Saleh Ridwan, M. Ag. Program KKN Moderasi Beragama ini merupakan wujud komitmen Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dalam membangun kerukunan antar umat beragama. Dimana kegiatan ini juga mengangkat tema “Harmoni Bersama Umat Beragama”.

Dalam pembukaan KKN Moderasi beragama ini, dibuka langsung oleh Kementerian Agama yang diwakili oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati selaku tuan rumah pada tahun ini yaitu Bapak Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag.  Dan juga diberi sambutan oleh Bapak PJ Bupati Kuningan, Bapak Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Ag yang diampingi oleh Sekda Kuningan, beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa toleransi yang ada di kuningan sangat tinggi diantara 1.120 aliran kepercayaan yang ada di Indonesia. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Diktis Kementerian Agama Republik Indonesia Bapak Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, sekaligus membuka kegiatan KKN Moderasi Beragama IV secara resmi. Dalam kegiatan ini diakhiri dengan Do’a Lintas Agama oleh masing-masing pemuka agama Hindu, Buddha, Kristen, Sunda Wiwitan, dan Islam. Lalu setelah acara pembukaan selesai, seluruh mahasiswa/i dipulangkan ke pemondokan masing-masing dan melanjutkan kegiatan pembekalan esok hari. (Qalby Khaerunnisa)